Berapa Biaya Bangun Rumah Yogyakarta Tahun Ini? Yukk cek estimasinya!

Kita perlu memperkirakan estimasi biaya bangun rumah yogyakarta sebelum memutuskan untuk membangun hunian di jogja. Perkiraan ini dapat membantu kita agar tak over budget dalam membangun rumah. Sebab, banyak orang yang seringkali kehabisan dana di tengah jalan ketika bangunan rumah belum selesai.

Oleh karena itu, butuh perhitungan matang dalam membangun sebuah rumah. Bila kita sudah berencana membangun rumah, kita harus mulai memikirkan estimasi biaya bangun rumah yang perlu dipersiapkan.

Dapatkan info lainnya : 5 Tahap Simulasi Biaya Bangun Rumah Di Jogja Tahun 2022 – 2023. Hitung Seakurat Mungkin, Ya!

Lantas, berapakah estimasi biaya yang dibutuhkan untuk membangun rumah? Tentu biaya ini bergantung dari ukuran & model rumah yang akan dibuat. Maka dari itu, Arfatama merangkum estimasi biaya bangun rumah ini dengan mempertimbangkan beberapa aspek yang dibutuhkan. Simak penjelasannya sebagai berikut!

Jasa-Bangun-Rumah-Jogjakarta
biaya bangun rumah yogyakarta


Estimasi biaya bangun rumah untuk rumah didasarkan pada perhitungan biaya bangun per meter perseginya. Sebagai contoh, untuk rumah ukuran 36 meter persegi yang biasanya berukuran 6 meter x 6 meter & luas tanah ukuran 60 meter persegi kita dapat menghitung estimasi biayanya sebagai berikut.

Pada umumnya, biaya bangun rumah meliputi biaya tanah, pondasi & beton, pembelian material, biaya pintu, jendela, atap, biaya instalasi bangunan, & biaya tenaga kerja.
Biaya Tanah

Untuk bangun rumah ukuran 36 meter persegi biasanya, kita membutuhkan tanah minimal 60 meter persegi. Di daerah Jakarta, estimasi harga tanah per meter ialah sebesar Rp3 juta. Maka, Bila kita membeli tanah ukuran 60 meter persegi, biaya tanah yang perlu dipersiapkan ialah sebesar Rp3 juta x 60 = Rp180 juta.

  1. Pondasi & Beton

Tahap awal pembangunan rumah ialah pembuatan pondasi & beton yang memakan biaya tak sedikit. Menghitung estimasi biaya bangun rumah pada pondasi bangunan ini dapat dikalkulasi dengan mengetahui terlebih dahulu panjang tanah yang akan dibangun rumah.

Perhitungan pondasi dapat dilakukan dengan memakai rumus volume trapesium. Rumus ini ialah sebagai berikut.
Volume pondasi = penampang bawah + penampang atas : 2 x tinggi pondasi.

Sebagai contoh, ketika kita membangun rumah ukuran 36 meter persegi, kita membutuhkan pondasi dengan ketentuan:
panjang penampang bawah: 0,3 meter
Panjang penampang atas: 0,2 meter
tinggi pondasi: 0,4 meter

Maka, volume pondasi yang akan dibangun ialah 0,3 + 0,2 : 2 x 0,4 = 0,4 x 0,4 = 0,16 m3

Dari perhitungan tersebut maka biaya untuk pondasi & beton dengan estimasi biaya pondasi per meter sebesar Rp800 ribu maka total biaya untuk pondasi & beton ialah Rp800 ribu x 0,16 = Rp128 ribu. Maka, biaya untuk pondasi & betonnya sebesar Rp128 ribu per meter.

Baca Juga : Jasa Renovasi Rumah Jogja, Hemat Biaya Bersama Arfatama.com

Setelah mengetahui biaya yang dibutuhkan untuk per meter pondasi & beton, kita dapat memakainya dengan luas bangunan yang akan dibangun.

Untuk luas 36 meter persegi maka biaya pondasi keliling luarnya ialah Rp128 ribu x 36 = Rp 4.608.000. Biaya ini belum termasuk biaya pondasi dalam yang meliputi ruang-ruang yang akan kita bangun di dalam rumah kita.

  1. Biaya Material yang Dibutuhkan

Material merupakan hal yang penting dalam membangun rumah. Biasanya, harga material setiap tahun berbeda-beda. Tiap tahun, harga material relatif naik.

Tak heran Bila biaya material ini selalu menghabiskan dana yang tak sedikit. Ada beberapa material pokok yang harus dipersiapkan dalam membangun rumah antara lain, semen, bata, besi/baja, pasir, batu, & paku.

Harga semen terbaru tahun 2022 per sak untuk ukuran 50 kg ialah sekitar Rp64.700.
Harga bata merah kecil ukuran 17 x 8 x 4 ialah Rp650 per biji. Sementara, harga batu bata batako ialah sekitar Rp1.500-Rp3.500 per biji.
Besi tahun 2022 ini memiliki harga sekitar Rp26 ribu hingga yang termahal Rp168 ribu per batang.
Harga baja tahun 2022 sekitar Rp57 ribu sampai Rp137 ribu per batang.
Harga pasir per kubik ialah sebesar Rp250 ribu sampai Rp500 ribu.
Harga batu kali di toko bangunan berkisar Rp180 ribu sampai Rp250
Harga paku kayu per kilogram berkisar Rp22 ribu & harga paku beron berkisar Rp38 ribu.
Harga ini merupakan perkiraan harga pasar yang berlaku di mana harga dapat saja naik atau turun.

Jumlah total biaya yang dibutuhkan untuk material ini disesuaikan dengan kebutuhan banguanan dengan mempertimbangankan ukuran & model.

  1. Biaya Kusen, Pintu, Jendela, Atap

Estimasi biaya bangun rumah juga meliputi biaya untuk kusen, pintu, jendela, & atap. Biaya yang dibutuhkan untuk kusen, pintu, & jendela antara lain sebagai berikut. Biaya Kusen & pintu untuk rumah ukuran 2 kamar tidur ialah sejumlah 3 buah yakni sekitar Rp4,5 juta sampai Rp5 juta.

Untuk pintu kamar mandi memakai pintu PVC dengan estimasi harga Rp800 ribu. Harga pintu kamar mandi bergantung bahan yang digunakan. Semakin baik kualitas semakin mahal, begitupun sebaliknya.

Atap rumah pada umumnya memakai baja ringan. Untuk ukuran atap 36 meter persegi berkisar Rp6,4 juta. Biaya ini meliputi biaya baja ringan kaso Rp3,9 juta & baja ringan reng Rp2,5 juta.

  1. Biaya Instalasi Bangunan

Biaya instalasi bangunan meliputi biaya instalasi listrik & saluran air. Rincian biayanya ialah sebagai berikut.

Lampu : Rp1-1,5 juta
Stop Kontak : Rp180 ribu per unit
Sakelar : Rp200 ribu per unit
MCB : Rp300 ribu
Exhaust Fan : Rp500 ribu
Kran Air :Rp200-400 ribu
Instalasi Toren Air : Rp1,5 juta
Pipa Pembuangan : Rp5 juta untuk panjang 50 meter
Instalasi Pipa Air Hujan : Rp50-60 ribu
Closet : Rp3,5 juta
Septic Tank : Rp2,5 juta

  1. Estimasi Biaya Tukang

Untuk biaya tukang dapat disesuaikan dengan jumlah tukang yang akan dipekerjakan. Harga tukang berkisar Rp150 ribu hingga Rp180 ribu per hari. Sementara harga kenek tukang berkisar Rp85 ribu hingga Rp100 ribu per hari. Kita juga dapat memakai sistem borongan tukang ini dengan estimasi biaya mulai dari Rp3,5 juta per meter persegi. Tentu akan berubah sesuai dengan spec bangunan yang di inginkan.

Semakin mewah, pastinya akan memerlukan biaya semakin tinggi. Apalagi harga bahan material yang juga bisa berubah rubah setiap waktunya. Kamu bisa berkonsultasi dulu kepada arfatama dalam penentuan model rumah seperti apa yang akan di buat.

Itulah estimasi biaya bangun rumah di yogyakarta yang telah dirangkum Arfatama. Biaya ini tentu saja hanya perkiraan & kita dapat menjadikannya sebagai referensi dalam menyusun anggaran pembangunan rumah. Semoga bermanfaat!

5/5 - (5 votes)

Leave a Comment