9 Pilihan Bahan Pintu Kantor & Kelebihannya

Pilihan Bahan Pintu Kantor | Pintu kantor adalah unsur penting untuk interior bangunan. Fungsi utamanya ialah penghubung antar ruangan / sekat serta menjaga privasi team. Selain modelnya agan perlu memperhatikan juga bahan pintu itu sendiri.

Pemilihan material yang cocok akan meningkatkan kekuatan pintu kantor. Adapun beberapa opsi bisa agan simak sebagai berikut ini lengkap dengan benefit material masing-masing.

arfatama.com-jasa-bangun-rumah-jogja

Pintu Kaca

pintu kantor utama dari kaca transparan

Jenis pintu kaca seperti frosted, mirror, clear, stained,tinted glass sampai kaca lamilux. Perbedaannya ada pada tingkat transparansi kacanya. Semakin bening & tembus pandang sehingga tingkat privasi akan semakin menurun juga.

Untuk pintu kantor kearah lobby biasanya menggunakan clear glass yaitu tipe kaca bening. Baik orang luar ataupun yang ada di dalam dapat melihat penampakan indoor ataupun outdoor kantor.

Tipe stained glass adalah kaca patri memakai desain mozaik. Penempatannya sering sekali dipakai untuk pintu di ruang rapat. Adapun untuk model pintu kaca bisa memakai folding doors, sliding door hingga frameless.

Bahan kaca menjadikan ruangan terasa lebih eksklusif juga futuristik. Tidak jarang dikombinasikan pula dengan material lain contohnya kayu supaya terkesan lebih kokoh.

Fiberglass

Unsplash

Dari segi ketahanannya pintu fiberglass pasti lebih unggul. Penempatannya sering digunakan sebagai pintu utama digabungkan memakai panel kayu. Kelebihan fiberglass ialah anti penyok jika agan bandingkan dengan baja ataupun aluminum.

Pintu fiberglass termasuk jarang dicat sebab mudah luntur sebab tidak mempunyai pori-pori. Walaupun fiberglass tahan dengan berbagai iklim & cuaca. Bobotnya cukup ringan tapi tetap kuat.

Fiberglass mempunyai sifat hemat energi karena mampu menjaga keseimbangan suhu. Material ini dapat membantu agan menciptakan kantor ramah lingkungan walaupun bangunan tidak mempunyai konsep green building.

Panel

Pexels

Jenis pintu ini cukup umum digunakan di Indonesia. Pintunya terbuat atas kayu & panel MDF / medium density fiber. Bentuk & desain sangat bervariasi dengan ukuran yang juga berbeda-beda.

Dari segi price sangat terjangkau dan mempunyai fleksibilitas desain. Panelnya sering juga menggunakan bahan kaca.

Barn Door

pintu kantor jenis barn door yang klasik untuk ruang tunggu
Pilihan Bahan Pintu Kantor

Barn door biasa di kenal juga sebagai pintu plipit dan termasuk model klasik. Pintu plipit adalah kerangka kayu dengan penutup papan yang di susun vertikal. Bagian pintu mempunyai rangka horizontal di area atas, tengah & bawah.

Sementara rangka vertikal ada di sisi engsel untuk rangka penggantung. Rangka vertikal di sisi seberang fungsinya untuk rangka penutup. Pintu plipit juga dipakai di gudang, kamar mandi sampai pintu belakang.

Jika ditempatkan pada kamar mandi maka perlu dilapisi oleh seng supaya tahan air. Struktur pintunya memang terbuka dan terlihat tapi rentan akan terjadinya pelapukan. Walaupun demikian material pintu plipit tergolong murah dibandingkan jenis bahan lainnya.

Pintu Aluminium

pintu kantor dari alluminium dengan jendela kaca
Unsplash

Bahan aluminium sering dipakai dalam konstruksi bangunan. Kelebihannya ialah tidak disukai rayap dan kuat akan kondisi iklim di daerah tropis. Desain pintunya agak kurang cocok sebagai pintu utama.

Biasanya digunakan untuk akses kamar mandi & bentuk pintu siku tanpa ukiran. Pintu aluminium juga tidak ada pewarnaan khusus sehingga punya warna alami yaitu chrome.

Daya tahannya yang kuat dengan bobot yang ringan. Pemasangan sangat mudah serta tidak memakan waktu lama. Pintu aluminum sendiri tidak disarankan untuk pintu yang arah hadap ke luar ruangan.

Alasannya aluminium ini mudah teroksidasi sebab terkena asam air hujan. Sebaiknya letakkan pintu aluminium sebagai akses ruangan indoor.

Pintu Baja

pintu kantor dari baja untuk kantor industrial
Pexels

Terdapat pula pintu baja yang dikenal akan ketahanannya dari cuaca panas & rayap. Kerangka pintu dapat di pasang peredam suara yaitu karton yang di press. 

Tipe pintu baja yang jenisnya ada yang single door /  double door. Jenis pintu ini sering juga sebagai pintu emergensi.

Flush Door

Pexels

Pintu flush adalah gabungan kerangka particle board yang punya lapisan triplek setebal 3 mm. Bagian luar dilapisi kembali memakai cat duco/veneer/HPL.

Pintu ini ringan sebab bagian tengahnya kosong. Area kosong ini tidak jarang diisi gabus atau kertas honeycomb. Model & desain pintu cenderung polos yang condong pada fungsi ketimbang gaya.

Pilihan finishing pintu flush cukup banyak mulai dari HDF, melamin & lain lain. Pintu ini cuma cocok untuk interior saja sebab tidak mampu untuk meredam suara dengan baik.

PVC /uPVC

pintu kantor kamar mandi dari bahan PVC
Unsplash

PVC adalah singkatan dari poly vinyl chloride yaitu bahan plastik pada tangki air / pipa. Umumnya pintu jenis ini digunakan pada pintu kamar mandi karena mudah dibersihkan.

Corak warna & motif bervariasi serta tahan dengan kelembaban. Ada juga jenis uPVC yakni unplasticized polyvinyl chloride : jenis PVC kaku & kuat. Bahannya sendiri tidak terbuat dari plastik sehingga jadi ramah lingkungan.

Walaupun kaku tapi uPVC masih dapat dibentuk. Pintu ini lebih berat dibandingkan PVC & aluminium. Dalam pemasangannya memerlukan tenaga ahli & cocok untuk bangunan yang tingkat presisinya tinggi.

Pintu Kantor HPL

Unsplash

HPL /  high pressure laminate adalah bahan pelapis buatan kayu olahan. Bahan dasarnya adalah polimer yang dengan penekanan laminasi tinggi. HPL tidak dapat dicat ulang tapi punya kesan modern.

Bahannya anti gores & anti panas sehingga awet di gunakan dalam jangka waktu lama. Bobotnya memang ringan & cocok untuk bangunan di area rawan gempa.

Pintu kantor ada yang terbuat dari kaca, baja bahkan PVC. Setiap bahannya punya keunggulan & kekurangannya masing-masing. Materialnya mempengaruhi penempatan pintu itu.


Rate this post

Leave a Comment