Sebelum Renovasi Rumah, Perhatikan 4 Hal Penting Ini | By Arfatama.com

Kontraktor Renovasi Rumah Jogja – Banyak berbagai cara untuk menghadirkan rumah impian menjadi kenyataan. Renovasi rumah bisa jadi salah satu cara yang menarik untuk dilakukan dalam menghadirkan hunian idaman sesuai dengan keinginan kamu.

Apalagi jika kamu sudah tinggal cukup lama di rumah yang sedang ditempati saat ini.

Pemugaran atau renovasi rumah cukup perlu dilakukan agar umur hunian yang kamu miliki saat ini bisa bertahan lama dan mungkin bisa juga diwariskan kepada generasi berikutnya.

Dapatkan info lainnya : 5 Tahap Simulasi Biaya Bangun Rumah Di Jogja Tahun 2022 – 2023. Hitung Seakurat Mungkin, Ya!

Meskipun renovasi rumah bisa jadi alternatif dalam menekan biaya pengeluaran dalam menghadirkan rumah impian, kegiatan menata rumah kembali juga bukan hal yang terbilang murah untuk dilakukan.

harga Jasa Bangun Rumah Jogja terbaik terbaru

Oleh karena itu, perencanaan yang matang perlu dilakukan, terutama soal budget atau anggaran dana yang dibutuhkan agar hasil renovasi rumah bisa sesuai dengan apa yang telah kamu idamkan selama ini.

Secara umum, renovasi rumah bisa diartikan sebagai sebuah proses atau kegiatan memperbaiki, meremajai, merombak, atau menyempurnakan struktur atau bentuk rumah.

Baca juga : Sedang mencari Kontraktor Renovasi Rumah Jogja? Kamu harus teliti ya!

Hal tersebut biasanya terealisasi melalui konsep desain yang telah dibuat agar sesuai dengan kebutuhan proses renovasi rumah.

Baca Juga : Jasa Renovasi Rumah Jogja, Hemat Biaya Bersama Arfatama.com

Renovasi rumah juga bisa diartikan sebagai kegiatan menambah ruangan dari bangunan atau lahan yang sudah ada, seperti penambahan garasi atau taman belakang, serta kolam renang. 

4 hal penting untuk dipertimbangkan sebelum melakukan renovasi rumah

Maka dari itu, renovasi rumah merupakan alternatif yang bisa kamu pilih sebagai cara menghadirkan impian jadi kenyataan. Namun, sebelum memulai melakukan renovasi rumah, berikut adalah hal-hal yang perlu kamu perhatikan agar biaya yang dikeluarkan tidak membengkak.

  1. Rencanakan renovasi secara matang

    Perencanaan merupakan langkah awal agar setiap kegiatan atau impian kamu dapat terlaksana dengan baik, bahkan sempurna. Begitupun dengan renovasi rumah. Untuk rencana awal, pastikan kamu melakukan konsultasi terlebih dahulu mengenai gambaran rumah idaman sebelum melakukan rumah.

    kamu bisa melakukan konsultasi kepada pihak-pihak yang ahli di bidangnya, seperti arsitek dan desainer interior. Tahap konsultasi ini dianggap perlu agar gambaran yang kamu miliki terkait rumah idaman tersebut bisa terlihat secara konkret, meskipun masih dalam sketsa 2D atau 3D.

    Perhatikan juga tentang material yang akan digunakan, sebab material tersebut memiliki peranan dalam menjaga kondisi rumah setelah renovasi jadi lebih awet.

    Biasanya kamu juga akan diberikan estimasi biaya dari para ahli di bidang renovasi rumah. Sebagai perbandingan, kamu bisa untuk mencari referensi lain agar baik dari segi desain rumah dan biaya berada dalam titik yang sesuai.
  2. Persiapkan anggaran renovasi rumah

    Setelah mendapatkan gambaran yang cukup jelas dan rencana yang detail, langkah selanjutnya adalah mulai untuk membuat perincian budget atau anggaran yang dibutuhkan untuk melakukan renovasi rumah.

    Jika kamu menggunakan jasa arsitek, desainer interior, atau kontraktor, biasanya rancangan anggaran renovasi rumah ini sudah termasuk ke dalam jasanya. Jadi pada masa konsultasi yang lebih lanjut, para ahli tersebut akan memberikan proposal anggaran yang menjelaskan perincian biaya yang dibutuhkan dalam melakukan renovasi rumah impian kamu .

    secara umum, anggaran yang kamu miliki nantinya tersebut akan berisi penjelasan biaya menggunakan rumus volume pekerjaan x harga satuan. Volume pekerjaan tersebut biasanya dihitung dalam satuan meter (m), meter persegi (m2), atau meter kubik (m3) tergantung dari luas bangunan atau lahan yang akan dilakukan proses renovasi. Sedangkan untuk harga satuan mengacu pada akumulasi biaya material serta biaya tenaga kerja. 
  3. Kenali luas bangunan dan lahan rumah kamu

    Mengetahui bahwa luas bangunan atau lahan yang kamu miliki memiliki peranan besar dalam mengatur biaya yang dibutuhkan pada proses renovasi rumah, ada baiknya kamu mengenal lebih detail tentang rumah kamu sebelum direnovasi.

    Terutama mengenai luas bangunan dan lahan pada rumah kamu. Dengan mengenal lebih detail tentang rumah, bisa saja kamu tidak membutuhkan perombakan rumah secara besar-besaran, seperti merekonstruksi ulang ruangan dari nol yang akan juga membantu kamu dalam memangkas biaya renovasi rumah. 
  4. Selalu sediakan dana tak terduga

    Meskipun kamu telah menyetujui dan menentukan budget yang dibutuhkan dalam melakukan renovasi rumah impian, perlu diingat bahwa kamu membutuhkan cadangan biaya untuk hal-hal yang tidak terduga.

    Kejadian yang di luar rencana ini bisa saja hadir dari perubahan harga bahan baku renovasi rumah saat di tengah-tengah proses renovasi atau faktor alam yang harus menunda pekerjaan sehingga waktu dan biaya pun harus terkuras. Pastikan untuk menyiapkan dana tidak terduga sebesar 10 hingga 20 persen dari budget anggaran utama agar proses renovasi rumah tetap berjalan lancar.

Tips memilih kontraktor renovasi rumah

Secara umum, pasti kamu dan keluarga memiliki tukang bangunan atau kontraktor langganan yang biasanya sudah turun temurun jadi pilihan utama di keluarga untuk pengerjaan pembangunan atau renovasi rumah. Namun, terkadang rencana tersebut bisa saja tidak terlaksana karena waktu dari kedua belah pihak yang tidak sesuai.

Oleh karena itu, kamu pun harus siap memiliki kontak kontraktor cadangan lainnya yang dapat mengisi kekosongan tersebut dan bisa menjalankan renovasi rumah idaman kamu sesuai timeline yang kamu inginkan. Bagi kamu yang belum punya kontraktor renovasi rumah cadangan, berikut adalah tips yang bisa kamu ikuti.

  1. Rekomendasi tetangga 

    Dalam mencari rekomendasi kontraktor yang mumpuni untuk mengerjakan proyek renovasi rumah, Anda bisa mulai dengan cara menanyakan terlebih dahulu kepada para tetangga di sekitar rumah kamu .

    Pasalnya, dengan cara ini kamu bisa mengetahui secara detail tentang pengerjaan kontraktor tersebut melalui rumah tetangga kamu . selain itu, kamu juga bisa menanyakan tentang biaya tenaga kerja yang ditawarkan dari rekomendasi kontraktor tersebut, sehingga bisa disesuaikan dengan anggaran yang kamu miliki.
  2. Rekomendasi secara online

    Di zaman modern seperti ini, hampir semua aspek berjalan secara digital dan online. Tidak terkecuali jasa kontraktor rumah.

    Melalui internet akan ada banyak penawaran yang bisa kamu temukan dalam mencari kontraktor yang sesuai dengan kebutuhan renovasi rumah kamu .

    kamu pun juga memiliki kemungkinan mengetahui rekam jejak pekerjaan yang telah dilakukan oleh kontraktor tersebut, dimulai dari portofolio yang ada, seperti dokumentasi proyek renovasi rumah yang pernah dikerjakan atau testimoni dari para konsumennya terdahulu. 

Baca juga : Rekomendasi Kontraktor Renovasi Rumah Jogja Terbaik

5/5 - (5 votes)

Leave a Comment