Seberapa Efektifkah Rumah Mezzanine? Ini Positive dan Negativenya

Konsep rumah mezzanine sedang banyak digandrungi akhir akhir ini. Ada banyak konsep desain rumah yang ada saat ini. Beberapa di antaranya sangat cocok untuk solusi desain rumah berukuran minimalis. Mezzanine adalah salah satu alternatif yang tepat.

Prinsip Mezzanine adlah sifatnya yang praktis dengan ruangan ruangan tambahan yang terletak di antara lantai dan langit langit. Fungsi utamanya untuk menghemat penggunaan ruangan dengan tetap menambahkan nilai artistic pada desain interior

Baca Juga :

5 Tahap Simulasi Biaya Bangun Rumah Di Jogja Tahun 2022 – 2023. Hitung Seakurat Mungkin, Ya!

Berapa tinggi ideal mezzanine mungkin juga menjadi banyak pertanyaan oleh penggemar konsep ini. Disamping itu bentuk tangga dan keefisiensiannya.

contoh Rumah Mezzanine

Minimal tinggi 4,5 meter, ruangan mezzanine di bagian atas dan bawahnya memiliki cukup tinggi untuk orang Indonesia yang kira2 memiliki tinggi 160 cm. Jadi setiap ruang memiliki tinggi bersih 2 meter.

Mezzanine sering dibangun menggunakan konsep terbuka dengan material kayu, baja, dan beton. Mezzanine juga dapat dijadikan ruang fungsional seperti studio, wardrobe, ruang santai, ruang kerja, kamar tidur. Mezzanine juga bisa digunakan untuk mengelabuhi IMB yang dua lantai.

Baca Juga :

Berapa Ya Biaya Jasa Arsitek Jogja? Cari Tahu Gimana Cara Hitungnya!

Ada 2 tipe mezzanine yaitu full mezzanine dan semi mezzanine. Kalau yang full berarti 2 lantai 1 lantainya 3-3,5 m. Ini berarti 6-7 meter tingginya. Biasanya jika full maka tangganya juga harus normal dengan tinggi 17-18 cm. Panjang pijakannya 30 cm dan lebar 80 cm. Untuk full akan banyak memakan tempat

Berbeda dengan semi mezzanine dengan tinggi minimal 3,5 meter. Dengan ukuran ini bisa dibuat 2 meter untuk lantai 1 dan 1,3 meter untuk lantai 2. Ruang atas ini bisa dimanfaatkan untuk ruang tidur atau duduk lesehan. Soal idealnya dikembalikan lagi pada yang empunya.

Untuk tangga dibuat compact, ringkas dan agak curam. Tinggi step ditambah dan panjangnya dikurangi.

Rumah Mezzanine terbaik
Konsep Rumah Mezzanine

Kesimpulannya full mezzanine tidak efisien secara biaya, ruang, material. Full mezzanine memiliki keuntungan sirkulasi udara, perasaan lega.

Untuk semi mezzanine kebalikannya. Pada intinya konsep mezzanine setiap orang dapat mendapatkan ruang tambahan tanpa mengeluarkan biaya yang besar. Untuk itu anda juga perlu berkonsultasi pada arsitek dan jasa bangun rumah anda seperti di Arfatama untuk rencana dan eksekusinya

Dapatkan Tips Menghindari Kesalahan Fatal dalam Pembangunan Rumah

Isi link di bawah ini untuk mendapatkan caranya :

5/5 - (7 votes)

Leave a Comment