8 Ide Desain Tangga Rumah Kreatif dan Keren untuk Ruang Sempit

Desain Tangga Rumah | Ketika kamu tinggal di sebuah rumah yang sempit, kamu mungkin akan menghadapi kesulitan menentukan posisi tangga. Tentu saja, kamu tidak mau membuang terlalu banyak space untuk membangun tangga. Walaupun menghadapi keterbatasan ruang, tapi kamu tetap harus membangun tangga untuk bisa mengakses lantai di atas, bukan? Tidak perlu khawatir, kamu hanya perlu mencari desain tangga rumah yang cocok untuk space sempit rumah.

Ingin punya tangga keren tanpa perlu khawatir kekurangan tempat bukan? Beberapa desain tangga rumah tingkat sempit ini bisa kamu jadikan referensi :

Desain Tangga Kayu Multifungsi


Desain tangga ruang sempit rumah karya Aksioma dan Fiano, via arsitag.com

Desain tangga ruang sempit rumah buatan Aksioma dan Fiano, via arsitag.com
 

Pada praktiknya, ternyata tangga bisa berkontribusi dalam menghemat ruang di rumah kamu, lho. Yakni dengan menjadikan tangga untuk tempat penyimpanan multifungsi. So, kalau kamu berencana meletakkan satu lemari yang besar, cobalah pasang tangga multifungsi yang bisa sekaligus jadi lemari penyimpanan. Sangat praktis kan?

Desain Ribbon Staircase


Desain tangga berbentuk pita, via contemporist.com

Desain tangga berbentuk pita, via contemporist.com
 

Tangga berbentuk pita merupakan ide yang cerdas untuk space sempit di rumah kamu. Model tangga ini mempunyai sudut lebih vertikal jika dibandingkan tangga umumnya. Untuk keamanan, kamu bisa membuatnya sedikit lebih lebar. Dengan bentuk yang unik ini, tangga ribbon ini dapat menjadi focal point yang unik di rumah kamu.

Desain Floating Staircase


Desain tangga melayang, via contemporist.com

Desain tangga melayang, via contemporist.com
 

Cara oke yang lain mengatasi kekurangan ruang untuk tangga ialah dengan memakai tangga apung atau floatingstaircase. Konsepnya sama dengan tangga rumah minimalis yang mengutamakan kesederhanaan pemakaian material. Untuk meminimalisasi kesan ruang yang sempit, cobalah pasang tangga menggunakan frame dari besi yang sekonsep dengan warna utama di ruangan. Kelebihan lain tangga melayang ini ialah kamu masih bisa memakai ruang di bawahnya untuk menaruh sesuatu, atau sebatas ruang terbuka untuk lewat. Tidak ada ruang yang percuma, bukan?

Baca Juga: Berapa Ya Biaya Jasa Arsitek Jogja? Cari Tahu Gimana Cara Hitungnya!
 

Desain Tangga Besi Minimalis


Desain tangga besi minimalis, via contemporist.com

Desain tangga besi minimalis, via contemporist.com
 

Jangan membiarkan ruangan serba terbatas menghalangi kamu untuk memberikan kesan modern ke bagian interior rumah dengan tangga. Berbahan besi warna hitam, desain tangga rumah minimalis yang inovatif merupakan cara cerdas menjadikan tangga dengan space lahan terbatas. Tentu, desainnya telah disesuaikan dengan faktor safety pengguna, baik dari sisi usia pengguna, aktivitas kita sehari-hari, sampai dengan frekuensi penggunaan tangga. 

Tangga Sekaligus Rak


Tangga yang berfungsi sebagai rak buku, via contemporist.com

Tangga yang berfungsi sebagai rak buku, via contemporist.com
 

Ide desain tangga rumah kecil selanjutnya agak terlihat lebih terjal dari tangga umumnya. Tapi, desainnya yang menyatu dengan bagian rak buku, merupakan solusi penghematan ruang yang luar biasa bagus. Untuk mengaplikasikan tangga jenis ini, usahakan supaya lantai di atasnya tidak tinggi, agar mencegah terjatuh dari sana.

Tangga Spiral


Tangga spiral warna merah menyala, via contemporist.com

Tangga spiral warna merah menyala, via contemporist.com
 

Desain tangga spiral sering dijadikan solusi bagi orang-orang yang mempunyai keterbatasan ruang. Desain tangga spiral mungil ini pas ditempatkan di sudut ruang kecil, untuk membantu kamu naik ke atas tanpa memerlukan banyak tempat. Warnanya yang cerah juga menjadi aksen yang cantikdi tengah-tengah interior ruanganmu yang serba putih.

Baca juga: Jasa Renovasi Rumah Jogja, Hemat Biaya Bersama Arfatama.com 

Desain tangga spiral minimalis warna hitam, via contemporist.com

Desain tangga spiral minimalis warna hitam, via contemporist.com
 

Desain tangga spiral klasik seperti ini pun masih dianggap menjadi solusi pas untuk menghemat ruang. Tangga hitam dengan gaya industrial ini sangat pas dijadikan alat untuk naik dari ruang keluarga ke kamar tidur di bagian mezaninnya. Warna hitam tangga yang juga serasi dengan berbagai perabotan sofa, meja, dan standing lamp menjadikan penampilan yang edgy nan modern. Kehadiran tangga di sisi tengah ruangan juga sama sekali tidak mengganggu pemandangan kita. Setuju?

Tangga Kayu Unik


Desain tangga kayu unik, via contemporist.com

Desain tangga kayu unik, via contemporist.com
 

Desain tangga selanjutnya disusun oleh lebih dari 100 kayu pohon birch. Batang baja yang berpaut dengan kayu anak tangga, menjadikan tangga yang menarik dari sisi visual dan memberikan tampilan beda dari setiap sudut. Menarik, kan?

Baca juga: 5 Tahap Simulasi Biaya Bangun Rumah Di Jogja Tahun 2022 – 2023. Hitung Seakurat Mungkin, Ya!

Jangan lupa, imbangi area tangga dengan penerangan yang cukup. Supaya tidak menimbulkan nuansa gelap ataupun sumpek. Penerangan yang memadai berperan penting untuk menciptakan ruang yang lebih terlihat lega. Kini, tidak ada lagi yang menghalangi kamu untuk mempunyai tangga di ruang sempit, kan?

Ada ide lain? tulis di kolom comment di bawah ya! 🙂

5/5 - (4 votes)

Leave a Comment