Cara Hitung Biaya Bangun Rumah Per Meter Di Jogja Yang Mudah Dipahami | Arfatama

Biaya Bangun Rumah Per Meter Di Jogja – Setiap orang pasti memiliki masing-masing rumah impian mereka. Tak hanya sekedar rumah sebagai tempat tinggal untuk beristirahat, tetapi juga rumah yang nyaman juga hangat.

Untuk bisa mewujudkan mimpi membangun rumah yang hangat juga nyaman perlu banyak sekali melewati serangkaian proses dari mulai desain hingga biaya bangun rumah.

Dapatkan info lainnya : 5 Tahap Simulasi Biaya Bangun Rumah Di Jogja Tahun 2022 – 2023. Hitung Seakurat Mungkin, Ya!

Berbicara tentang biaya bangun rumah, bukan tidak mungkin Anda akan membutuhkan dana yang banyak. Terlebih lagi, jika rumah impian Anda memiliki berbagai karakteristik lewat material hingga desain tertentu yang membuat biaya bangun rumah menjadi lebih banyak.

Perencanaan biaya bangun rumah sangatlah dibutuhkan agar saat proses pembangunan, biaya yang dikeluarkan sesuai dengan budget yang Anda rancang.

Catat Semua Pengeluaran

Perencanaan yang matang sangatlah dibutuhkan untuk mendapatkan hasil yang diinginkan. Perencanaan sebelum membangun rumah juga termasuk rencana anggaran biaya bangun rumah. Anda bisa melakukan perencanaan ini bersama pasangan jika sudah menikah tanpa perlu kontraktor rumah untuk siapkan rancangan anggaran biaya (RAB).

Namun, jika Anda mempekerjakan kontraktor, maka sebaiknya komunikasikan rencana bangun rumah dan cek juga biaya yang mereka buat. Dalam membuat perencanaan anggaran bangun rumah, Anda bisa memasukkan rincian seperti harga material, material berat atau halus, biaya tukang, jasa desain interior, dll

Pahami Manfaat Merancang Anggaran

Dengan anggaran biaya bangun rumah, maka Anda bisa mendapatkan gambaran yang lebih jelas atas apa saja yang Anda butuhkan untuk memiliki rumah impian.

Baca Juga : Jasa Renovasi Rumah Jogja, Hemat Biaya Bersama Arfatama.com

Sebaiknya, masukkan informasi serinci mungkin seperti model desain rumah, harga material bahkan untuk material kecil hingga pilihan tukang harian atau borongan. Dengan menulis informasi secara terperinci, maka jika terjadi kebocoran halus budget bisa lebih terpantau.

Gambarkan Desain Rumah

Ukuran Rumah, Hal pertama yang bisa Anda buat untuk desain rumah adalah ukuran rumah. Tentukan ukuran rumah, ukuran ini tentu tidaklah sama dengan luas tanah ya.

Ukuran rumah bisa Anda perhitungkan dengan teliti dan cermat. Jika Anda berhasil memberikan keterangan yang detail maka perhitungan biaya bangun rumah pun akan semakin akurat.

Hitung Biaya Rumah Per Meter Persegi

Untuk menghitung anggaran biaya rumah, maka bisa hitung dalam per meter persegi secara menyeluruh. Misalnya, saat Anda menghitung material di bagian dinding, langit-langit hingga lantai, maka juga diperhitungkan finishing pada bagian-bagian tersebut.

Dengan perhitungan per meter persegi, maka bisa membantu Anda untuk memperkirakan total anggaran biaya bangun rumah lebih tepat dan akurat.

Contoh:

Panjang x lebar (40 m x 10 m)= 400 m²
Total biaya membangun per meter persegi= Rp5.000.000
Total anggaran membangun rumah= ukuran rumah x total biaya membangun per m²
Jadi, perkiraan total anggaran membangun rumah menengah yang harus dipersiapkan adalah: 400 m² x Rp 5.000.000 = Rp 2 miliar

Hitung Biaya diluar Pembangunan

Setelah menghitung biaya bangun rumah dengan RAB maka coba hitung juga biaya yang mungkin saja terjadi diluar pembangunan. Setelah Anda menghitung anggaran membangun rumah, maka coba hitung biaya yang akan dikeluarkan untuk furniture dan dekorasi rumah.

Selain itu, ada juga biaya lain yang bisa saja Anda bayarkan, seperti biaya pajak rumah, biaya administrasi pada rumah baru, biaya pengurusan IMB, dll.

Perhitungan Kasar Biaya Rumah

Setiap tipe rumah memiliki angka perkiraan biaya bangun rumah, termasuk biaya bahan bangunan dan biaya pengerjaan. Keduanya bisa sangat bervariasi, tergantung besar kecilnya rumah Anda. Perhitungan kasar ini bisa mencakup, antara lain:

Tahap persiapan termasuk pembersihan lahan dan kedatangan material pembangunan rumah

Pondasi yang termsuk menggali tanah, memasang pondasi hingga urugan tanah
Struktur beton bertulang
Rangka atap
Pembangunan dinding
Finishing atap rumah
Plafon lantai
Instalasi listrik
Plumbing
Pengecatan dan finishing rumah
Baca juga: Pengertian dan Tips Investasi Properti Yang Menguntungkan

Dasar Perhitungan Biaya Bangun Rumah

Dasar perhitungan pada biaya bangun rumah diawali dengan biaya tanah. Ini berlaku jika Anda ingin membangun rumah dari nol, artinya Anda bangun rumah di tanah kavling atau tanah lapang yang belum ada bangunan apapun. Jika ingin menghitung biaya tanah, maka coba perhitungan berikut ini:

Misal rasio bangunan dan tanah adalah 130:150, lalu harga tanah di Jakarta dengan luas 150m2 yaitu Rp 3 juta. Maka biaya hitung tanah yaitu Rp 3.000.000 x 150 = Rp 450.000.000.

Biaya Pondasi dan Beton

Selain tanah, ada juga biaya pondasi dan beton yang harus Anda perhitungkan. Berikut rumus dalam menghitung biaya pondasi beton:

Penampang Bawah + Penampang Atas : 2 x Tinggi Pondasi.

Panjang penampang bawah: 0,8 meter
Panjang penampang atas: 0,4 meter
Tinggi pondasi: 0,6 meter
Maka, biaya yang diperlukan untuk tiap meter pondasi adalah sebagai berikut:

0,8 + 0,4 / 2 = 0.6 x 0,6 = 0,36 m3

Dari perhitungan tersebut ditemukan bahwa volume pondasi adalah 0,36 meter kubik. Jika untuk per meter kubik pondasi membutuhkan biaya sebesar Rp 800.000 maka: Biaya Bangun Rumah Per Meter Di Jogja

Rp 800.000 x 0,36 = Rp 288.000

Dengan begitu, biaya yang diperlukan untuk tiap meter pondasi adalah Rp 288.000

Pembelian Material / Bahan Bangunan

Dalam perhitungan biaya bangun rumah per meter persegi juga memasukkan harga material atau bahan bangunan yang lebih rinci. Berikut kisaran harga bahan-bahan yang dibutuhkan (bahan bangunan) antara lain:

Batu kali: Kisaran harga sekitar Rp 200.000 – Rp 300.000
Semen: Harga semen pada volume per kantong (50kg) adalah Rp 70.000
Pasir: Harga pasir untuk per m3 sekitar Rp 250.000 – Rp 300.000
Besi / Baja: Harga besi sekitar Rp 20.000 – Rp 100.000 per batang. Harga baja sekitar Rp 70.000 per batang.
Bata Merah: Bata merah standar berkisar di harga Rp 800 per buah.
Paku: Harga paku per kilogram sekitar Rp 18.000 – Rp 60.000
Harga tersebut bisa berubah atau berbeda di beberapa tempat, sehingga agar lebih riil, Anda bisa langsung cek ke toko bangunan.

Pengerjaan Pintu, Atap dan Jendela

Di bagian pintu, jendela dan atap rumah bisa sangat berbeda perhitungan biayanya. Harga material bisa ditentukan oleh beberapa faktor seperti bahan baku yang digunakan hingga modelnya. Berikut acuan yang bisa menjadi gambaran harga untuk material pintu, jendela dan atap : Biaya Bangun Rumah Per Meter Di Jogja

Kusen dan pintu kayu panel 3 unit Rp 5.500.000

Pintu kamar mandi dari PVC 1 unit Rp 700.000

Kusen dan jendela kayu 3 unit Rp 6.000.000

Atap baja ringan 50 m2 Rp 16.000.000

Biaya Utilitas Bangunan

Utilitas bangunan adalah fasilitas yang dibutuhkan agar rumah terasa lebih nyaman dan melengkapi seluruh kondisi bangunan. Utilitas pada bangunan ini bisa dihitung dengan biaya bangun rumah per meter. Namun, ada juga perhitungan kasar untuk rumah dengan luas 150m2, seperti berikut ini:

Instalasi Listrik
Lampu (4): Rp 1.000.000
Stop kontak (3): Rp 150.000
Saklar tunggal (3): Rp 150.000
Saklar ganda: Rp 80.000
MCB outlet dan boks sekring: Rp 500.000
Exhaust fan k. mandi: Rp 700.000
Saluran Pembuangan
Pipa pembuangan (50 m): Rp 6.000.000
Instalasi pipa air hujan (0,50 m): Rp 60.000
Closet: Rp 4.500.000
Septic Tank: Rp3.500.000
Air Bersih
Pekerjaan PVC (37 m): Rp2.900.000
Keran air indoor: Rp200.000
Keran air outdoor: Rp150.000
Instalasi toren air: Rp1.500.000
Biaya Tenaga Kerja
Tidak hanya material yang perlu Anda perhitungkan, tetapi juga biaya tenaga kerja. Biaya ini tergantung dari Anda memilih tukang borongan atau harian. Upah yang biasa dibayarkan untuk biaya bangun rumah per meter sekitar Rp 3.000.000 – Rp 5.000.000 per m2.

Angka kisaran harga tenaga kerja ini mungkin bisa sangat bervariasi, tergantung area dimana Anda membangun rumah. Untuk sistem tukang harian, maka Anda bisa memberikan harga sekitar Rp 150.000 – Rp 200.000.

Perhitungan biaya bangun rumah ini bisa menjadi acuan Anda untuk mencoba membuat perhitungan sendiri. Dengan memiliki kemampuan untuk memperkirakan biaya membangun rumah, maka nantinya pun Anda bisa melihat sebesar apa nilai properti yang Anda miliki.

Rumah sebagai salah satu properti atau aset memiliki nilai jual yang berbeda, ada banyak sekali faktor yang membuat nilai jual rumah menjadi makin tinggi, salah satunya adalah kualitas bahan bangunan yang dipakai.

Jika Anda merasa membutuhkan nilai yang tinggi untuk rumah, maka gunakan bahan bangunan dengan kualitas terbaik.

Aset properti seperti rumah dengan nilai jual yang baik tentu bisa membantu Anda bahkan menjadi modal usaha. Salah satu Fintech yang memberikan dukungan Anda untuk ubah properti menjadi modal usaha adalah Lancar by Danamas.

Lancar by Danamas menyediakan pinjaman modal usaha dengan tenor minimal 1 tahun dan maksimal 10 tahun. Dengan suku bunga yang relatif rendah, maka nominalnya tidak akan mengganggu cash flow bisnis Anda kedepannya.

FAQ

> Berapa biaya jasa bangun rumah di Jogja?

Biaya jasa bangun rumah & bangunan di Jogja ditentukan berdasarkan luas bangunan dan kualitas bahan yang diinginkan. Biaya konstruksi mulai dari 2.9 jt / m2. Biaya bisa disesuaikan dengan rencana proyek pembangunan yang anda inginkan.

> Tipe bangunan apa saja yang bisa dibangun?

Kami menyediakan aneka jasa konstruksi bangunan, mulai dari rumah tinggal, ruko, kos, asrama, sekolah, public space, sarana & prasarana umum, penambahan ruang, dan aneka bangunan lainnya.

> Berapa lama proyek konstruksi bisa terselesaikan?

Proyek akan selesai tergantung dengan preferensi yang anda inginkan. Sebelum memulai project, kami akan memberikan timeline pengerjaan sehingga anda bisa mengetahui estimasi pekerjaan terselesaikan.

> Bagaimana sistem pembayaran jasa bangun rumah Jogja?

Sistem pembayaran bertahap sesuai dengan progress yang tercapai. Anda akan memperoleh invoice secara bertahap berkesesuaian dengan kecepatan pengerjaan bangunan.

> Apakah jasa bangun rumah sudah termasuk desain?

Ya, kami menyediakan jasa desain gratis jika pengerjaan bangunan kami yang mengerjakan.

> Bagaimana cara pesan jasa bangun rumah Jogja?

Untuk pemesanan, silakan hubungi kami. Anda bisa menghubungi kami via Whatsapp, Email, atau langsung di kantor.

5/5 - (5 votes)

1 thought on “Cara Hitung Biaya Bangun Rumah Per Meter Di Jogja Yang Mudah Dipahami | Arfatama”

Leave a Comment