12 Tips Desain Interior Rumah Minimalis Makin Cantik

Rumah sebagai tempat pemiliknya memulai & mengakhiri hari setelah lelahnya bekerja. Dengan demikian, penting untuk mempunyai desain interior rumah minimalis senyaman mungkin supaya penghuni menjadi lebih rileks setelah melakukan pekerjaannya.

Rumah konsep minimalis sudah banyak dipakai orang-orang modern saat ini. Meskipun desain rumah minimalis cuma memberikan sedikit ruang untuk pemiliknya untuk menata furnitur ruangan.

arfatama.com-jasa-bangun-rumah-jogja

Rumah minimalis tetap bisa menjadi hunian yang indah untuk sang owner. Berikut beberapa gambarab desain interior rumah minimalis menjadi lebih indah & berestetika tinggi.

Membuat Desain Interior Rumah Minimalis 

Membuat Desain Interior Rumah Minimalis
(Orami)

Memilih Tema Tertentu

Pemilihan tema untuk interior rumah sangat penting. Dengan memakai tema tertentu, kamu akan mudah untuk menentukan berbagai perabotan yang cocok. Misalnya dengan tema klasik, maka kamu akan memilih furnitur dari bahan kayu dengan mempertahankan warna aslinya.

Tata Setiap Ruangan Secara Bergantian

Jika kamu tidak menggunakan bantuan konsultan, kamu dapat menata ruangan secara bergantian. Hal ini akan membuatmu lebih fokus dan hasil akan lebih memuaskan.

Menata ruangan juga tidak hanya bermanfaat pada estetika. Dengan menata ruang secara bergantian, Pins juga bisa membuat rumah menjadi bersih terutama pada sela-sela furnitur.

Baca Juga : 5 Tahap Simulasi Biaya Bangun Rumah Di Jogja Tahun 2022 – 2023. Hitung Seakurat Mungkin, Ya!

Penerapan Aksesoris

Penerapan Aksesoris
(Ikea)

Saat anda memilih aksesories untuk rumah minimalis modern anda, yang paling cocok adalah aksesoris yang tegas, bersih, dan bentuk geometris yang sederhana. Hal ini selaras dengan prinsip minimalis, yaitu tidak berlebihan. Dengan begitu, interior rumah anda akan terlihat lebih  cantik. Jika anda menyukai lukisan, gunakanlah frame yang simpel.

Pilih Furnitur yang Fungsional dan Efisien

Pilih Furnitur yang Fungsional dan Efisien
(Unsplash)

Dalam konsep minimalis, perabotan dan seluruh furnitur yang digunakan harus dipilih berdasarkan fungsinya. Benda-benda dan perabotan yang hanya mengutamakan unsur estetika sebaiknya dikurangi penggunaannya.

Kamu dapat memilih furnitur yang multi fungsi agar tempat yang dibutuhkan tidak terlalu banyak. Perabotan multi fungsi sangat cocok untuk rumah minimalis yang memiliki lahan terbatas.

Singkirkan Benda yang Kurang Fungsional

Barang-barang yang memiliki fungsi minim atau tidak terlalu penting lebih baik disingkirkan. Benda-benda ini biasanya tidak akan menimbulkan masalah jika tidak ada benda tersebut di ruangan. Dengan menyingkirkan barang yang kurang penting maka ruangan akan lebih lega.

Bersihkan Dinding dan Lantai dari Benda yang Tidak Diperlukan

(Interiordesign.id)

Kamu tetap dapat memasang hiasan pada rumah, namun jangan terlalu banyak. Cukup satu atau dua hiasan saja. Jangan biarkan benda yang ada di lantai saling menutupi. Hal ini akan member kesan berantakan pada rumahmu.

Pilih furnitur Dengan Desain Indah

Furnitur salah satu elemen paling penting untuk interior rumah. Saat ini ada banyak pilihan furnitur dengan berbagai macam gaya atau style yang bisa agan beli.

Dengan memilih desain yang indah, maka kamu tidak akan terlalu banyak memasang hiasan. Maka meskipun hunianmu adalah hunian minimalis, rumah tetap memiliki estetika dan keindahan.

Gunakan Hiasan Pada Beberapa Sudut Ruangan

Meskipun tidak memiliki fungsi yang berarti, memasang vas bunga atau pot kecil bisa kamu lakukan untuk mengurangi kesan kaku pada rumah. Hiasan yang kamu pilih juga harus sasuai dengan tema ruangan dan rumah.

Hiasan pada ruangan juga akan membuat rumah menjadi lebih menarik. Jika agan ingin memuat ruang menjadi lebih sejuk, coba gunakan hiasan tumbuhan hijau agar udara pada ruangan menjadi segar.

Baca Juga : Jasa Renovasi Rumah Jogja, Hemat Biaya Bersama Arfatama.com

Pilih Warna yang Lembut

Warna yang lembut akan membuat penghuni lebih nyaman dan tenang. Kamu dapat memilih warna-warna pastel yang cantik. Warna terang dan mencolok dapat kamu gunakan sebagai aksen, namun jangan terlalu dominan.

Pastikan Cahaya dan Ventilasi Udara Cukup

Jangan sampai ruangan yang telah kamu tata dengan konsep yang bagus menjadi sesak dan gelap karena kurangnya cahaya yang masuk. Sirkulasi udara juga harus lancar agar ruangan tidak terasa sesak dan kurang nyaman.

Tirai dan Karpet

Tirai dan Karpet
(Aca.co.id)

Tirai yang cocok dengan model rumah anda adalah tirai yang menggunakan roller ataupun basic blind, baik horizontal maupun vertikal. Pemilihan ini terlihat simpel sehingga coocok dengan rumah minimalis anda. Selain itu, dalam pemilihan warna tirai, anda disarankan untuk memilih warna yang netral, seperti putih, abu-abu, beige, ataupun kuning gading.

Selain tirai, karpet juga memegang peranan penting untuk interior design suatu rumah. Karena ada begitu banyak jenis karpet dengan motif yang berbeda-beda, agan harus pintar menentukan pilihan. Pilihlah warna solid tanpa motif. Dengan begitu, rumah anda bisa terlihat lebih menarik.

Itulah 12 tips untuk membuat desain interior rumah minimalis menjadi lebih indah dan menarik. Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa agan jadikan referensi untuk membangun hunian impian agan.


Rate this post

Leave a Comment