Jangan Tertipu! Cara Membedakan Developer Terpercaya dan Developer Bodong!

Developer Terpercaya | Mempunyai hunian idaman tentu menjadi mimpi untuk banyak orang. Namun, prosesnya memang terkadang panjang & menguji kesabaran.

Agan perlu hati-hati saat melakukan transaksi jual beli properti. Selain harganya yang tinggi, seringkali terjadi penipuan / hal-hal lain yang tidak di pengen.

arfatama.com-jasa-bangun-rumah-jogja
Developer Terpercaya

Lantas bagaimana caranya supaya transaksi properti dapat terjamin? Salah satu kuncinya ada di developer.

Memilih developer yang cocok adalah langkah pertama di transaksi properti. Kira-kira, bagaimana ya cara untuk mengenali developer tepercaya dari developer abal abal? Yuk Simak di artikel berikut ini ya!

Cara Membedakan Developer Tepercaya dan Developer Bodong

Kwitansi Jual Beli Tanah yang Sah
Developer Terpercaya

Tanyakan Kejelasan Informasi

Seorang developer sejatinya harus mempunyai latar belakang dan informasi yang bisa dipastikan kebenarannya. Hal mendasar seperti nama, status pegawai, & kontak harus sama antara yang tertera secara tertulis atau yang disebarkan kepada klien.

Hal ini tentu bisa ditemukan dari developer tepercaya. Agan bisa mengecek terkait identitas developer yang sedang membantu tangani proses transaksi. 

Developer tepercaya akan tampak lebih profesional serta mempunyai identitas yang jelas, selain itu, citra perusahaan akan di wakili dari developer ini.

Harga Properti

Jangan mudah tergiur dengan harga properti yang terlewat murah ya, agan! Memang, jika dapat memiliki hunian idaman dengan harga yang lebih rendah, rasanya akan lebih baik. Namun, perlu dicurigai jika harga sebuah properti terlalu berbeda dari harga pasaran.

Harga properti yang terlalu murah dapat menjadi indikasi utama dari developer palsu. Biasanya, taktik ini akan dimanfaatkan untuk menipu calon klien agar terpengaruh untuk melakukan transaksi bersama developer palsu. 

Jadi, harus tetap rasional dan awas ya agan!

Cek Legalitas Developer

Biasanya, dalam transaksi properti, akan dilibatkan sejumlah instrumen yang terikat dengan hukum. Hal ini digunakan untuk mencegah adanya pihak yang melanggar dari transaksi dengan nilai fantastis.

agan harus menandatangani dan memahami sejumlah persyaratan seperti Sertifikat hak milik (SHM), sertifikat hak guna bangunan (SHGB), dan sertifikat hak pakai (SHP).

Developer tepercaya biasanya akan lebih paham dan mengerti setiap proses yang harus dilalui dalam proses transaksi properti.

agan harus aktif juga untuk menanyakan terkait hal ini kepada developer, ya!

Rekam Jejak Proyek

Salah satu indikator dalam menentukan developer tepercaya adalah lewat rekam jejak proyeknya. Hal ini dapat dipastikan lewat pekerjaan dan hasil penjualan yang telah dilakukan sebelumnya.

Developer tepercaya biasanya akan memiliki rekam jejak yang baik dibandingkan developer palsu.

Developer yang terafiliasi dengan sebuah instansi biasanya dapat dipastikan rekam jejaknya sehingga agan dapat diyakinkan atas jasa yang akan diterima.

Target Penyelesaian Proyek

Proses penyelesaian transaksi properti akan lebih baik jika cepat selesai. Selain klien mendapat hunian idamannya, developer pun dapat mencapai target dan menangani klien lain. 

Diperlukan kejelasan dalam tiap proses transaksi yang sedang dilakukan mulai dari penandatanganan surat, proses tawar menawar, hingga akhirnya serah terima.

Jika ada target yang jelas, maka proses transaksi dapat dipantau dan lebih jelas. Sebaliknya dari developer palsu, hal seperti ini akan sangat rancu dan cenderung meragukan.

Pentingnya bagi agan juga selaku pembeli terus proaktif dalam menanyakan terkait tenggat waktu dalam proses transaksi untuk menghindari resiko developer yang terkadang lupa.

Tips Memilih Developer Tepercaya

contoh Kwitansi Jual Beli Tanah yang Sah

Cek Reputasi Developer

Reputasi seorang developer merupakan salah satu hal penting. agan diharapkan dapat mengecek portofolio dari hasil pekerjaan terdahulu developer melalui website atau perusahaan yang terafiliasi dengan developer tersebut.

Perhatikan Legalitasnya

Perlu ditanyakan terkait kejelasan pada setiap tahapan transaksi yang sedang dilakukan. Surat seringkali dijadikan sebagai media dengan hukum sebagai pengikatnya. Developer yang serius akan tahu dan mengerti terkait pentingnya hal ini dalam transaksi properti.

Kamu dapat menanyakan terkait kejelasan dalam Sertifikat hak milik (SHM), sertifikat hak guna bangunan (SHGB), dan sertifikat hak pakai (SHP).

Konfirmasi Target Penyelesaian

Lebih cepat akan lebih baik. Rutin dan aktif dalam bertanya terkait tanggal tenggat transaksi agar rumah idaman bisa segera kamu miliki. Hal ini juga akan mempermudah proses pengecekan langkah dan tahapan proses transaksi yang sedang dilakukan

Pahami Sistem Pembayaran

Pastikan dalam melakukan transaksi properti, jangan membayar DP sebelum KPR disetujui. Apabila menggunakan metode KPR, pastikan menggunakan jasa bank yang tepercaya. Selain itu, agan dapat menggunakan e-commerce seperti salah satunya, Pinhome!

Pahami Isi Dokumen Jual Beli

Tentunya terdapat dokumen jual beli yang berisikan terkait kewajiban-kewajiban kedua pihak, developer dan klien, terkait tanggung jawab dan segala kewenangannya. Salah satu hal yang dapat kamu lakukan adalah membaca dengan cermat isi dari dokumen jual beli tersebut agar terhindar dari wanprestasi.

Kesimpulan

Hendaknya agan cermat ketika melakukan transaksi jual beli properti. Oleh karena transaksi ini melibatkan nominal uang yang besar, maka diperlukan bantuan pihak lain yang tepercaya agar rumah idaman dapat segera kamu miliki, salah satunya adalah developer.

Perhatikan latar belakang serta legalitas daripada developer tersebut. Selain itu, segerakan target dan tetapkan tenggat waktu agar hunian incaran kamu bisa lebih cepat untuk segera diserah terimakan!


Rate this post

Leave a Comment